sejarah html

Monday, September 29, 20140 comments

Apa itu HTML ??
HTML atau HyperText Markup Language adalah bahasa markup yang digunakan untuk membuatdokumen atau halaman - halaman web. HTML sendiri bukanlah sebuah bahasa pemrograman karena sifatnya yang hanya memberikan tanda (marking up) pada suatu dokumen agar dapat dibaca oleh web browser.

Sejarah HTML
Pernah dengar HTML5 atau mungkin sudah menggunakannya ?? Yupp, itu adalah versi terbaru HTML yang lebih canggih dan memiliki banyak keunggulan dibanding versi sebelumnya. Sebelum berlarut dengan HTML5, kita tengok kebelakang bagaimana sejarah HTML hingga pada versi ini.

HTML dibuat oleh Caillau TIM dan Berners-lee Robert ketika bekerja mereka bekerja di CERN (lembaga penelitian fisika energi tinggi di Jenewa). Tahun 1980, IBM memikirkan pembuatan suatu dokumen yang akan mengenali setiap elemen dari dukumen dengan suatu tanda tertentu. IBM kemudian mengembangkan suatu jenis bahasa yang menggabungkan teks dengan perintah - perintah pemformatan dokumen. Bahasa ini dinamakan Markup Language, sebuah bahasa yang menggunakan tanda - tanda sebagai basisnya. IBM menamakan sistem ini sebagai Generalized Markup Language atau GML.
Tahun 1986, ISO menyatakan bahwa IBM memiliki suatu konsep tentang dokumen yang sangat baik, dan kemudian mengeluarkan suatu publikasi (ISO 8879) yang menyatakan Markup Language sebagai standar untuk pembuatan dokumen-dokumen. ISO membuat bahasa ini dari GML milik IBM, tetapi memberinya nama lain, yaitu SGML (Standard Generalized Markup Language).
ISO dalam publikasinya meyakini bahwa SGML akan sangat berguna untuk pemrosesan informasi teks dan sistem-sistem perkantoran. Tetapi diluar perkiraan ISO, SGML dan terutama subset dari SGML, yaitu HTML juga berguna untuk menjelajahi internet. Khususnya bagi mereka yang menggunakan World Wide Web.
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. R-I-B - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger